VoIP
Pengertian VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi suara secara elektronis dan real-time. VoIP mulai dikenal di Indonesia semenjak tahun 2000 dimana saat itu sedang marak-maraknya teknologi internet. Saat itu dikenal dengan fasilitas telepon gratis via internet dengan pengguna internet lainnya. Voice over Internet Protocol (VoIP) melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringan yaitu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer Protocol). Protokol yang digunakan unuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP (User Datagram Prot))
Menelepon dengan menggunakan VoIP banyak
keuntungannya, diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif
telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk
hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance
dapat ditekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat
ditambah, dipindah, dan diubah dengan mudah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang
di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang
harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX. Untuk membuat sistem VoIP,
ada beberapa variasi penyambungan. Ada koneksi dari komputer ke komputer dengan
berbekal sound card dan head-set melalui jaringan LAN maupun internet merupakan
solusi paling murah tetapi cukup merepotkan, karena kedua sisi harus memiliki
komputer dan perangkat lunak (Softphone) yang sama. Ada juga melalui
komunikasi suara dari komputer ke Jaringan VoIP dengan menggunakan jaringan
internet.
Daya Tarik dan Manfaat VoIP
Beberapa hal yang membuat VoIP banyak menarik minat,
antara lain:
1. Suara melalui jaringan data
VoIP merupakan komunikasi suara melalui jaringan data, yang saat ini sudah
sangat maju. Dengan konvergensi antara suara dan data, jaringan yang digunakan
cukup satu, namun kebutuhan komunikasinya dapat dilakukan baik untuk suara
maupun data. Selain itu berbagaio aplikasi lainnya menjadi dimungkinkan. Para
pemanufaktur perangkat komunikasi untuk kebutuhan perusahaan, seperti Alcatel,
Cisco, Siemens, Nortel Networks atau NEC lebih tertarik untuk mengembangkan
strategi baru untuk bermigrasi ke pengembangan sistem VoIP.
2. Variasi cara komunikasi dan keuntungan
Banyak kalangan menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan dengan tingkat kebutuhan
komunikasi (suara dan data) yang cukup besar, akan mengambil manfaat besar
penggunaan VoIP ini. Selain mengurangi biaya komunikasi suara, juga
meningkatkan komunikasi data dan pengembangan berbagai aplikasi baru yang lebih
memberi manfaat bagi pemenuhan kebutuhan saat ini.
3. Biaya komunikasi (khususnya internasional) yang lebih murah
Menggunakan VoIP memungkinkan Anda membuat hubungan internasional yang lebih
murah dari sebelumnya. Bayaran Anda cukup pada panggilan lokal ditambah sewa
bulanan untuk akses Internet dari ISP.
4. Akses jarak jauh, misalnya ke kantor cabang
Perusahaan dengan sejumlah kantor cabang, yang umumnya saling berjauhan, akan
diuntungkan dengan layanan VoIP ini. Selain murah, juga memungkinkan membangun
jaringan data dan suara yang sama dan panggilan telepon dapat dilakukan dengan
mudah. Jika yang menggunakan cukup banyak, maka pengurangan biayanya juga cukup
siginifikan.
5. Berkomunikasi ke mana pun, tanpa batas
Komunikasi dengan keluarga dan teman atau mitra bisnis dapat dilakukan dengan
mudah dan biaya yang lebih terjangkau, sepanjang Anda telah terkoneksi ke
Internet.
6. Variasi cara berkomunikasi
Dengan menerapkan VoIP maka Anda akan memiliki berbagai macam cara untuk
berkomunikasi suara, antara lain:
A. Panggilan dari
PC-ke-PC.
Kalau sekarang ini Anda telah memiliki sejumlah PC,
umumnya perusahaan memiliki banyak PC, dan koneksi Internet ( broadband )
24 jam, maka komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan PC tersebut. Selain
ditambahkan speaker dan mikropon, peranti lunak tertentu harus terlebih dahulu
diinstalasikan ke computer Anda, begitu juga para pengguna lainnya.
B. Komputer-ke-Telepon.
Panggilan telepon juga dapat dilakukan antara computer dengan telepon
standar, meski untuk itu Anda akan dikenai biaya tambahan, karena terhubung ke
jaringan telepon konvensional milik operator.
C. Telepon-ke-Komputer.
Beberapa perusahaan tertentu memiliki nomor khusus atau calling cards yang
memungkinkan membuat panggilan dari telepon standar ke pengguna computer. Untuk
itu pengguna harus memiliki dan menginstalasi peranti lunak dari vendor ke
computer mereka. Meski begitu, biaya panggilannya masih lebih murah
dibandingkan panggilan telepon konvensional.
D. Telepon-ke-Telepon.
Dengan menggunakan gateway , Anda dapat terhubung secara
langsung ke telepon standar di mana pun di dunia. Untuk membuat panggilan, Anda
harus terlebih dahulu masuk kegateway mereka, kemudian Anda masuk
ke nomor yang ingin Anda panggil dan mereka akan menghubungkan Anda dengan
jaringan mereka yang berbasis IP. Namun, Anda harus menghubungi nomor tertentu
terlebih dahulu.
E. Fax melalui jaringan VoIP
Dengan VoIP memungkinkan Anda mengirim pesan melalui fax dengan memanfaatkan
jaringan berbasis IP, yang tak dapat Anda lakukan dengan menggunakan telepon
konvensional (PSTN). Selain itu, dengan integrated messaging ,
juga memungkinkan Anda mengambil dan meninggalkanvoice mail melalui
Internet.
F. Call Centre berbasis akses Internet
Akses ke fasilitas Call Center melalui Internet semakin banyak digunakan, utamnya untuk keperluan
aplikasi electronic commerce. Akses call centre berbasis
Internet memungkinkan pelanggan, yang memiliki pertanyaan mengenai suatu
produk, dapat mengghubungi seorang agent secara online.
VoIP dapat digunakan lebih jauh untuk interkoneksi berbagai call center yang
berbeda-beda, termasuk melakukan koordinasi di antara mereka.
G. Telepon Internet
Dengan teknologi VoIP, telepon biasa dapat ditingkatkan menjadi suatu perangkat
pengakses Internet dan tetap dapat berfungsi sebagai telepon berbasis suara. Selama
ini, yang kita tahu, Internet itu
sangat kaya sumber informasi dan data, sedang tepeon tidak, namun keduanya
sangat popular dan banyak digunakan orang. Dengan VoIP keduanya dipasukan
sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih optimal. Misalnya, suatu layanan
direktori directory, dapat diakses melalui Internet hanya dengan mengirimkan
sebuah nama dan mendapatkan jawaban dalam bentuk suara. Telepon tersebut juga
dapat meminta informasi, termasuk data keanggotaan dari suatu database
tertentu.
Kelebihan atau Keuntungan Menggunakan VoIP
Teknologi VoIP menggunakan Internet packet-switching
untuk menyediakan layanan telepon. VoIP memiliki beberapa keunggulan
dibandingkan switching sirkuit. Sebagai contoh, packet switching memungkinkan
beberapa telepon panggilan untuk menempati jumlah ruang yang ditempati oleh
satu dalam jaringan circuit-switched.Mari kita katakan bahwa Anda dan teman
Anda berdua memiliki layanan melalui penyedia VoIP. Anda berdua memiliki
telepon analog yang terhubung ke ATAs . Mari kita lihat lagi panggilan telepon
biasa, tapi kali ini dengan menggunakan VoIP melalui jaringan packet-switched:
1. Anda mengambil telepon, yang akan mengirimkan sinyal ke ATA.
2. ATA menerima sinyal dan mengirim nada dial. Hal ini memungkinkan Anda
mengetahui bahwa Anda memiliki koneksi ke Internet.
3. Anda menekan nomor telepon pihak yang ingin Anda ajak bicara. Nada akan
diubah oleh ATA menjadi data digital dan disimpan sementara.
4. Data nomor telepon ini dikirim dalam bentuk permintaan untuk prosesor
panggilan perusahaan VoIP Anda . Prosesor panggilan memeriksanya untuk
memastikan bahwa itu dalam format yang valid.
5. Panggilan prosesor menentukan kepada siapa nomor telepon tersebut ditujukan.
Dalam pemetaan, nomor telepon diterjemahkan ke alamat IP. Tombol lunak
menghubungkan dua perangkat pada kedua ujung panggilan tersebut. Pada ujung
yang lain, sinyal dikirim ke teman Anda ATA, mengatakan itu untuk meminta
telepon yang terhubung berdering.
6. Setelah teman Anda mengangkat telepon, sesi dibuat antara komputer Anda dan
komputer teman Anda. Ini berarti bahwa setiap sistem yang diharapkan mengetahui
paket data dari sistem lain. Di tengah, infrastruktur Internet yang normal
menangani panggilan seperti menangani e-mail atau halaman Web. Setiap sistem
harus menggunakan protokol yang sama untuk berkomunikasi. Sistem menerapkan dua
saluran, satu untuk setiap arah, sebagai bagian dari sesi.
7. Anda berbicara untuk jangka waktu tertentu. Selama percakapan, sistem anda
dan sistem teman Anda mengirimkan paket bolak-balik ketika ada data yang akan
dikirim. ATAs di setiap ujung menerjemahkan paket ini ketika mereka diterima
dan dikonversikan ke sinyal audio analog yang Anda dengar. ATA Anda juga
menjaga rangkaian antara dirinya dan telepon analog Anda terbuka sambil mengirimkan
paket ke dan dari host IP di ujung lainnya.
8. Anda selesai berbicara dan menutup telepon penerima.
9. Ketika Anda menutup telepon, sirkuit yang ditutup antara telepon Anda dan
ATA.
10. ATA mengirimkan sinyal ke saklar lunak menghubungkan panggilan, mengakhiri
sesi.
Prosesor panggilan sentral adalah hardware khusus untuk menjalankan database /
pemetaan program yang disebut soft switch. Lihat "Soft Switch" untuk
mempelajari lebih lanjut.
Mungkin salah satu keuntungan yang paling menarik dari packet switching adalah
jaringan data yang sudah mengerti teknologi. Dengan bermigrasi ke teknologi
ini, jaringan telepon segera mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi seperti
cara komputer melakukannya.
0 komentar:
Posting Komentar