Ade Prima Agus Ristanto. Diberdayakan oleh Blogger.

VoIP

Pengertian VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi suara secara elektronis dan real-time. VoIP mulai dikenal di Indonesia semenjak tahun 2000 dimana saat itu sedang marak-maraknya teknologi internet. Saat itu dikenal dengan fasilitas telepon gratis via internet dengan pengguna internet lainnya. Voice over Internet Protocol (VoIP) melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringan yaitu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer Protocol). Protokol yang digunakan unuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP (User Datagram Prot))

Menelepon dengan menggunakan VoIP banyak keuntungannya, diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah dengan mudah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX. Untuk membuat sistem VoIP, ada beberapa variasi penyambungan. Ada koneksi dari komputer ke komputer dengan berbekal sound card dan head-set melalui jaringan LAN maupun internet merupakan solusi paling murah tetapi cukup merepotkan, karena kedua sisi harus memiliki komputer dan perangkat lunak (Softphone) yang sama. Ada juga melalui komunikasi suara dari komputer ke Jaringan VoIP dengan menggunakan jaringan internet.

Daya Tarik dan Manfaat VoIP


Beberapa hal yang membuat VoIP banyak menarik minat, antara lain:

1. Suara melalui jaringan data

VoIP merupakan komunikasi suara melalui jaringan data, yang saat ini sudah sangat maju. Dengan konvergensi antara suara dan data, jaringan yang digunakan cukup satu, namun kebutuhan komunikasinya dapat dilakukan baik untuk suara maupun data. Selain itu berbagaio aplikasi lainnya menjadi dimungkinkan. Para pemanufaktur perangkat komunikasi untuk kebutuhan perusahaan, seperti Alcatel, Cisco, Siemens, Nortel Networks atau NEC lebih tertarik untuk mengembangkan strategi baru untuk bermigrasi ke pengembangan sistem VoIP.

2. Variasi cara komunikasi dan keuntungan

Banyak kalangan menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan dengan tingkat kebutuhan komunikasi (suara dan data) yang cukup besar, akan mengambil manfaat besar penggunaan VoIP ini. Selain mengurangi biaya komunikasi suara, juga meningkatkan komunikasi data dan pengembangan berbagai aplikasi baru yang lebih memberi manfaat bagi pemenuhan kebutuhan saat ini.

3. Biaya komunikasi (khususnya internasional) yang lebih murah

Menggunakan VoIP memungkinkan Anda membuat hubungan internasional yang lebih murah dari sebelumnya. Bayaran Anda cukup pada panggilan lokal ditambah sewa bulanan untuk akses Internet dari ISP.

4. Akses jarak jauh, misalnya ke kantor cabang

Perusahaan dengan sejumlah kantor cabang, yang umumnya saling berjauhan, akan diuntungkan dengan layanan VoIP ini. Selain murah, juga memungkinkan membangun jaringan data dan suara yang sama dan panggilan telepon dapat dilakukan dengan mudah. Jika yang menggunakan cukup banyak, maka pengurangan biayanya juga cukup siginifikan.

5. Berkomunikasi ke mana pun, tanpa batas 

Komunikasi dengan keluarga dan teman atau mitra bisnis dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang lebih terjangkau, sepanjang Anda telah terkoneksi ke Internet.

6. Variasi cara berkomunikasi

Dengan menerapkan VoIP maka Anda akan memiliki berbagai macam cara untuk berkomunikasi suara, antara lain:


A. Panggilan dari PC-ke-PC. 
      Kalau sekarang ini Anda telah memiliki sejumlah PC, umumnya perusahaan memiliki banyak PC, dan koneksi Internet ( broadband ) 24 jam, maka komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan PC tersebut. Selain ditambahkan speaker dan mikropon, peranti lunak tertentu harus terlebih dahulu diinstalasikan ke computer Anda, begitu juga para pengguna lainnya.

B.  Komputer-ke-Telepon. 
       Panggilan telepon juga dapat dilakukan antara computer dengan telepon standar, meski untuk itu Anda akan dikenai biaya tambahan, karena terhubung ke jaringan telepon konvensional milik operator.

CTelepon-ke-Komputer. 
      Beberapa perusahaan tertentu memiliki nomor khusus atau calling cards yang memungkinkan membuat panggilan dari telepon standar ke pengguna computer. Untuk itu pengguna harus memiliki dan menginstalasi peranti lunak dari vendor ke computer mereka. Meski begitu, biaya panggilannya masih lebih murah dibandingkan panggilan telepon konvensional.

D. Telepon-ke-Telepon. 
      Dengan menggunakan gateway , Anda dapat terhubung secara langsung ke telepon standar di mana pun di dunia. Untuk membuat panggilan, Anda harus terlebih dahulu masuk kegateway mereka, kemudian Anda masuk ke nomor yang ingin Anda panggil dan mereka akan menghubungkan Anda dengan jaringan mereka yang berbasis IP. Namun, Anda harus menghubungi nomor tertentu terlebih dahulu.

E. Fax melalui jaringan VoIP 
        Dengan VoIP memungkinkan Anda mengirim pesan melalui fax dengan memanfaatkan jaringan berbasis IP, yang tak dapat Anda lakukan dengan menggunakan telepon konvensional (PSTN). Selain itu, dengan integrated messaging , juga memungkinkan Anda mengambil dan meninggalkanvoice mail melalui Internet.

F. Call Centre berbasis akses Internet

        Akses ke fasilitas Call Center melalui Internet semakin banyak digunakan, utamnya untuk keperluan aplikasi electronic commerce. Akses call centre berbasis Internet memungkinkan pelanggan, yang memiliki pertanyaan mengenai suatu produk, dapat mengghubungi seorang agent secara online. VoIP dapat digunakan lebih jauh untuk interkoneksi berbagai call center yang berbeda-beda, termasuk melakukan koordinasi di antara mereka.

G. Telepon Internet

       Dengan teknologi VoIP, telepon biasa dapat ditingkatkan menjadi suatu perangkat pengakses Internet dan tetap dapat berfungsi sebagai telepon berbasis suara. Selama ini, yang kita tahu, Internet itu sangat kaya sumber informasi dan data, sedang tepeon tidak, namun keduanya sangat popular dan banyak digunakan orang. Dengan VoIP keduanya dipasukan sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih optimal. Misalnya, suatu layanan direktori directory, dapat diakses melalui Internet hanya dengan mengirimkan sebuah nama dan mendapatkan jawaban dalam bentuk suara. Telepon tersebut juga dapat meminta informasi, termasuk data keanggotaan dari suatu database tertentu.




Kelebihan atau Keuntungan Menggunakan VoIP


Teknologi VoIP menggunakan Internet packet-switching untuk menyediakan layanan telepon. VoIP memiliki beberapa keunggulan dibandingkan switching sirkuit. Sebagai contoh, packet switching memungkinkan beberapa telepon panggilan untuk menempati jumlah ruang yang ditempati oleh satu dalam jaringan circuit-switched.Mari kita katakan bahwa Anda dan teman Anda berdua memiliki layanan melalui penyedia VoIP. Anda berdua memiliki telepon analog yang terhubung ke ATAs . Mari kita lihat lagi panggilan telepon biasa, tapi kali ini dengan menggunakan VoIP melalui jaringan packet-switched:



1. Anda mengambil telepon, yang akan mengirimkan sinyal ke ATA.

2. ATA menerima sinyal dan mengirim nada dial. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui bahwa Anda memiliki koneksi ke Internet.

3. Anda menekan nomor telepon pihak yang ingin Anda ajak bicara. Nada akan diubah oleh ATA menjadi data digital dan disimpan sementara.

4. Data nomor telepon ini dikirim dalam bentuk permintaan untuk prosesor panggilan perusahaan VoIP Anda . Prosesor panggilan memeriksanya untuk memastikan bahwa itu dalam format yang valid.

5. Panggilan prosesor menentukan kepada siapa nomor telepon tersebut ditujukan. Dalam pemetaan, nomor telepon diterjemahkan ke alamat IP. Tombol lunak menghubungkan dua perangkat pada kedua ujung panggilan tersebut. Pada ujung yang lain, sinyal dikirim ke teman Anda ATA, mengatakan itu untuk meminta telepon yang terhubung berdering.

6. Setelah teman Anda mengangkat telepon, sesi dibuat antara komputer Anda dan komputer teman Anda. Ini berarti bahwa setiap sistem yang diharapkan mengetahui paket data dari sistem lain. Di tengah, infrastruktur Internet yang normal menangani panggilan seperti menangani e-mail atau halaman Web. Setiap sistem harus menggunakan protokol yang sama untuk berkomunikasi. Sistem menerapkan dua saluran, satu untuk setiap arah, sebagai bagian dari sesi.

7. Anda berbicara untuk jangka waktu tertentu. Selama percakapan, sistem anda dan sistem teman Anda mengirimkan paket bolak-balik ketika ada data yang akan dikirim. ATAs di setiap ujung menerjemahkan paket ini ketika mereka diterima dan dikonversikan ke sinyal audio analog yang Anda dengar. ATA Anda juga menjaga rangkaian antara dirinya dan telepon analog Anda terbuka sambil mengirimkan paket ke dan dari host IP di ujung lainnya.

8. Anda selesai berbicara dan menutup telepon penerima.

9. Ketika Anda menutup telepon, sirkuit yang ditutup antara telepon Anda dan ATA.

10. ATA mengirimkan sinyal ke saklar lunak menghubungkan panggilan, mengakhiri sesi.

Prosesor panggilan sentral adalah hardware khusus untuk menjalankan database / pemetaan program yang disebut soft switch. Lihat "Soft Switch" untuk mempelajari lebih lanjut.



Mungkin salah satu keuntungan yang paling menarik dari packet switching adalah jaringan data yang sudah mengerti teknologi. Dengan bermigrasi ke teknologi ini, jaringan telepon segera mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi seperti cara komputer melakukannya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar